Telah banyak tersebar hadits seputar Sya'ban akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui kedudukan hadits tersebut .
Hadits pertama
?? ?????? ?? ???? ???? ??? ???? ???? ???? :"????? ???? ? ????? ??? ???? ?????? ?????? ?????? ??????" .
????? -
Dari Aisyah dari Rasulullah SAW bersabda, "Sya�ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan Allah. Sya�ban adalah (bulan) yang mensucikan dan Ramadhan adalah bulan yang menghapuskan (dosa-dosa)."????? -
Ini adalah hadits palsu. Imam Al-�Ajluni berkata: Hadits ini diriwayatkan oleh Ad-Dailami dari Aisyah secara marfu�. Ibnu Al-Ghars berkata: Guru kami berkata hadits ini dha�if. (Kasyful Khufa� wa Muzilul Ilbas, juz 2 hlm. 13 no. 1551).
Imam Al-Munawi berkata dalam Faidhul Qadir Syarh Jami� Shaghir :Di dalam sanadnya ada Hasan bin Yahya Al-Khusyani. Imam Adz-Dzahabi berkata:Imam Ad-Daruquthni mengatakan ia perawi yang matruk (ditinggalkan haditsnya, yaitu tertuduh memalsukan hadits).Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani melemahkannya dalam Dha�if Jami� Shaghir no. 3402.
Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ibnu �Asakir dalam Tarikh Dimasyqa dan Ad-Dailami dari Aisyah secara marfu� dengan lafal: �Bulan Ramadhan adalah bulan Allah dan bulan Sya�ban adalah bulanku. Sya�ban adalah (bulan) yang mensucikan dan Ramadhan adalah (bulan) yang menghapuskan (dosa-dosa).� Sanadnya sangat lemah sebagaimana dijelaskan oleh syaikh Al-Albani dalam Dha�if Jai� Shaghir no. 34119.
Hadits kedua
???? ?? ???? ?? ???? ???? ??? ???? ???? ???? : "??? ??? ???? ?????? ???? ?????? ??? ????".
Dari Anas dari Rasulullah SAW bersabda: "Rajab adalah bulan Allah, Sya�ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku."Ini adalah hadits palsu. Imam Al-�Ajluni berkata: "Diriwayatkan oleh Ad-Dailami dan lainnya dari Anas secara marfu�. Namun Imam Ibnu Jauzi menyebutkannya dalam kitab Al-Maudhu�uat (hadits-hadits palsu), demikian pula al-hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam bukunya Tabyinul �Ajab fi maa Warada fi Rajab." (Kasyful Khafa� juz 2 hlm. 510 no. 1358).
Hadits ketiga
???? ????? ??? ???? ???? ???? ?? ????? ???? ??? ????? ??? : "????? ?????? ?????" ??? ?? ?? ?????? ???? ? ??? : " ???? ?? ????? "
Nabi SAW ditanya tentang puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan, maka beliau SAW menjawab, �(Puasa) Sya�ban karena untuk mengagungkan (puasa) Ramadhan.� Beliau SAW juga ditanya tentang sedekah yang paling utama, maka beliau SAW menjawab, �Sedekah di bulan Ramadhan.�Dinyatakan lemah oleh syaikh Al-Albani dalam Dha�if At-Targhib wat Tarhib no. 618.
??? ????? : ?? ??? ??????? : "???? ?????? ??? ????? ?????". �
Dalam riwayat lain dari Anas secara marfu� dengan laafal: �Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa Sya�ban.�Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fathul Bari Syarh Shahih Bukhari juz 4 hlm. 152-154 mengatakan: "Sanadnya dha�if."
Hadits keempat
?? ??? : "???? ??? ????? ???? ????? ??? ??? ???? ?????? ??? ??? ???? ?????"
Diriwayatkan dari Anas berkata:�Bulan ini disebut Sya�ban karena di dalamnya kebaikan bercabang demikian banyak bagi orang yang berpuasa sunnah segingga ia masuk surga.�Ini adalah hadits palsu. Diriwayatkan oleh Al-�Iraqi dalam Tarikh Qazwin dengan lafal di atas dan Abu Syaikh bin Hibban dengan lafal: �Tahukah kalian kenapa bulan ini disebut Sya�ban?...� Syaikh Al-Albani menyatakan hadits ini palsu dalam Dha�if Jami� Shaghir no. 2061.
Hadits kelima
??? ??? ????? ?? ???? ??????? ?? ???? ?? ???? ??? ??? ????? ??? ???? ???? ???? : "???? ???? ?? ?????? ??? ??? ??? ??? ???? ?? ??? ??? ??? ??? ??? ??? ???? ??? ??? ??? ???? ????? ???? ?????? ????? ?? ? ?????? ???? ??? ??? ????? ??? ??? ???? ??? ??? ???? ??? ?? ???? ????? ??? ??????? ? ???? ????? ??? ???? ??? ??? ??? ????? ???? ????? ??? ?????? ???? ????? ???? ???? ???? ?????? ??? ?? ????? ???? ???? ??? ????? ???? ??" . ???? �
Dari Zaid al �ama dari Yazid Ar-Raqasyi dari Yarwi bin Malik berkata: Nabi SAW bersabda: �Bulan Allah yang paling baik adalah bulan Rajab karena ia adalah bulan Allah. Barangsiapa mengagungkan bulan Rajab berarti ia telah mengagungkan perkara Allah.Dan barangsiapa mengagungkan perkara Allah maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga yang penuh kenikmatan dan hal itu pasti baginya. Sya�ban adalah bulanku, maka barangsiapa mengagungkan bulanku berarti telah mengagungkan perkaraku. Dan barangsiapa mengagungkan perkaraku maka aku menjadi pendahulu dan simpanan pahala baginya pada hari kiamat. Adapun bulan Ramadhan adalah bulan umatku. Barangsiapa mengagungkan bulan Ramadhan, memuliakan kehormatannya tanpa melanggarnya, berpuasa di siang harinya, shalat (tahajud dan witir) pada malam harinya dan menjaga anggota badannya (dari perbuatan dosa) maka ia keluar dari bulan Ramadhan tanpa memiliki sedikit pun dosa yang akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah.�Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dalam Syu�abul Iman juz 3 hlm. 374 no. 3813. Imam Ahmad bin Hambal berkata: Sanad hadits ini sangat mungkar (lemah sekali).
Hadits keenam
?? ??? : "???? ????? ??? ????? ????? ?????? ????? ? ???? ?????? ???? ?? ?????."
Dari Anas berkata: "Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa Sya�ban untuk memuliakan Ramadhan dan sedekah yang paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan."Imam Al-Munawi berkata: Hadits ini diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan ia menganggapnya hadits gharib, dan juga diriwayatkan oleh Al-Baihaqi. Keduanya meriwayatkan dari jalur Shadaqah bin Musa dari Tsabit dari Anas. Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Al-Muhadzab mengatakan: Para ulama menyatakan Shadaqah (bin Musa) adalah perawi yang lemah.� Syaikh Al-Albani juga melemahkannya dalam Dha�if Jamii� Shaghir no. 1023.
Hadits-hadits Lemah dan Palsu tentang Keutamaan Malam Nishfu Sya�ban
Di antaranya adalah sebagai berikut:Hadits pertama
Dari Aisyah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:
" ????? ????? ???? ?????? ???? ??? ???? ????? ?? ????? , ???? ???? ????? ?? ??? ???? ???? ??? ??? ??? ?? ???? ???? ???? ??? ???? ??? ??? ????? ??? ??? ???? ??? ??? ??? ???? ??? ??? ??? ??????? ??? ??? ???? ??? " . ???? ???? -
Nabi SAW bersabda: "Malaikat Jibril mendatangiku dan berkata: Ini adalah malam nishfu (pertengahan) Sya�ban, pada malam ini Allah membebaskan dari neraka (manusia) sejumlah bulu kambing suku Kalb. Pada malam ini pula Allah tidak mau melihat kepada orang msyrik, orang yang bermusuhan (dengan sesama muslim), orang yang memutuskan tali kekerabatan, orang yang memanjangkan kainnya melebihi mata kaki, orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, dan pecandu minuman keras.� Hadits ini lemah sekali.Dalam riwayat lain dengan lafal sbb:
?? ????? : "??? ??? ???? ????? ?? ????? ???? ???? ?? ?????? ???? ?? ??? ??? ??? ???"
Hadits dari Aisyah dengan lafal: Jika malam nishfu (pertengahan) Sya�ban maka Allah mengampuni dosa-dosa lebih banyak dari jumlah bulu kambing suku Kalb (sebuah suku Arab �Aribah di negeri Syam).� Syaikh Al-Albani menyatakan sanadnya lemah dalam Dha�if Jami� Shaghir no. 654.Dalam riwayat yang lain dengan lafal:
?? ???? ????? ????? ???? ????? ?? ????? ??? ???? ?????? ????? ????? ?? ??? ??? ??? ???
�Sesungguhnya Allah SWT turun pada malam nishfu Sya�ban ke langit dunia maka Allah mengampuni (hamba-Nya) lebih banyak dari jumlah bulu kambing suku Kalb.�Ini adalah hadits palsu.
Imam Al-Munawi dalam Faidhul Qadir berkata: Hadits ini diriwayatkan oleh imam Ahmad dan Tirmidzi dalam kitab shaum, juga Al-Baihaqi dalam kitab ash-shalat dari jalur Hajaj bin Arthah dari Yahya bin Abi Katsir dari Urwah dari Aisyah. Imam Tirmidzi berkata: Hadits ini tidak dikenal kecuali dari jalur Hajaj. Aku telah mendengar imam Muhammad (bin Ismail) yaitu imam Al-Bukhari melemahkan hadits ini dengan mengatakan: Yahya tidak mendengar hadits ini dari Urwah dan Hajaj tidak mendengarnya dari Yahya.�
Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah dengan sanad yang sama sehingga nilainya juga hadits palsu.
Imam Ad-Daruquthni berkata: Sanadnya mudhtarib (goncang) tidak shahih. Imam Al-�Iraqi berkata: Imam Al-Bukhari melemahkan hadits ini karena sanadnya terputus pada dua tempat dan ia menyatakan tidak ada satu pun sanad hadits ini yang shahih. Imam Ibnu Dihyah berkata: Tidak ada satu pun hadits tentang malam nishfu Sya�ban yang shahih dan tidak ada seorang pun perawi yang jujur meriwayatkan hadits tentang shalat sunah (malam nishfu Sya�ban). Hal itu hanya diada-adakan oleh orang yang mempermainkan syariat nabi Muhammad SAW dan senang memakai pakaian Majusi.� (Dha�if Jami� Shaghir no. 1761).
Hadits kedua
?? ??? ????? : "??? ???? ?? ??? ???? ?????? : ??? ???? ?? ??? ? ???? ????? ?? ????? ? ???? ?????? ? ???? ????? ? ???? ?????". ?????
Dari Abu Umamah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: Lima malam yang pada saat tersebut doa tidak akan ditolak oleh Allah; malam pertama bulan Rajab, malam nishfu Sya�ban, malam Jum�at, malam idul Fitri, dan malam idul Adha.�Ini adalah hadits palsu.
Imam Al-Munawi dalam Faidhul Qadir menulis: �Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu �Asakir dan Ad-Dailami dari jalur Abu Umamah. Juga diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, Ibnu Nashir, dan Al-�Askari dari jalur Ibnu Umar. Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani berkata: Semua jalur hadits ini cacat.�Syaikh Al-Albani menyatakan hadits ini palsu dalam Dha�if Jami� Shaghir no. 2852.
Hadits ketiga
?? ??? ?? ???? ???? ??? ???? ???? ???? : "??? ???? ???? ??? ????? ?????? ????? ??????? ????? ???? ???? ????? ?????? ????? ???? ????? ????? ??? ?????? ?????? ????? : ??? ?? ??????? ????? ?? ? ??? ?? ??????? ?????? ? ??? ?? ????? ??????? ? ??? ???? ?????? ? ??? ??? ??? ??? ???? ???? ?????".
Dari Ali bin Abi Thalib berkata: Rasulullah SAW bersabda: Jika malam nishfu Sya�ban maka hendaklah kalian shalat malam dan berpuasa di siang harinya karena sesungguhnya Allah SWT turun ke langit dunia pada malam itu sejak matahari tenggelam. Allah berfirman: Adakah orang yang meminta ampunan sehingga Aku pasti mengampuninya? Adakah orang yang meminta rizki sehingga Aku pasti memberinya rizki? Adakah orang yang terkena musibah sehingga Aku pasti menyembuhkannya? Adakah orang yang meminta sehingga Aku pasti akan memberinya? Adakah orang yang begini? Adakah orang yang begitu? Demikianlah sampai terbit fajar.�Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Ini adalah hadits palsu.
Al-Hafizh Al-Bushiri dalam Misbahuz Zujajah fi Zawaid Ibni Majah menulis: Sanadnya lemah karena kelemahan Ibnu Abi Sabrah, nama lengkapnya adalah Abu Bakar bin Abdullah bin Muhammad bin Abi Sabrah.Imam Ahmad bin Hambal dan Yahya bin Ma�in berkata: Ia adalah seorang pemalsu hadits.
Syaikh Al-Albani menyatakan hadits ini palsu dalam Dha�if Jami� Shaghir no. 652 dan Dha�if Targhib wat Tarhib no. 623.
Hadits Keempat
"?? ???? ????? ?? ????? ???? ???? ??? ??? ????? ???? ?? ??? ???? ????? ?? ??? ?????" ..
"Pada malam nishfu Sya�ban, Allah mewahyukan kepada malaikat maut untuk mencabut nyawa setiap jiwa yang hendak dicabutnya pada tahun tersebut."Hadits ini diriwayatkan oleh Ad-Dainuri dalam Al-Mujalasah dengan sanad dha�if, karena sanadnya terputus, yaitu perawi Rasyid bin Sa�ad meriwayatkan secara mursal.
Dinyatakan lemah oleh syaikh Al-Albani dalam Dha�if Jami� Shaghir no. 4019 dan Dha�if Targhib wat Tarhib no. 620.
Hadits kelima
??? ????? ?? ??? ????: "?? ???? ????? ????? ?? ???? ????? ?? ????? ????? ????? ???? ??? ????? ?? ?????" .
Dari Abu Musa Al-Asy�ari bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: �Sesungguhnya Allah memeriksa hamba-hamba-Nya pada malam nishfu Sya��ban maka Allah mengampuni semua hamba-Nya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan.�Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah dengan sanad sangat lemah. Al-Hafizh Al-Bushiri berkata dalam Misbahuz Zujajah fi Zawaid Ibni Majah: Sanadnya lemah karena kelemahan perawi Abdullah bin Lahi�ah dan tadlis perawi Walid bin Muslim. Imam Al-Mundziri juga menyebutkan kelemahan lain, yaitu perawi Dhahak bin Abdurrahman bin �Arzab tidak bertemu dengan Abu Musa Al-�Asy�ari. (Sunan Ibnu Majah juz 2 hlm. 86 � cet. Dar Ibni Haitsam)
Tidak ada shaum sunnah setelah nishfu Sya�ban
?? ???? ??? ????? ?? ????? ??? ???? ?????
Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: �Tidak ada puasa sunnah setelah pertengahan Sya�ban sampai masuk bulan Ramadhan.�Dan dalam riwayat lain:
??? ????? ????? ??? ?????? ??? ???? ?????
�Jika telah lewat pertengahan Sya�ban maka janganlah kalian berpuasa sampai datang Ramadhan.�Hadits ini diriwayatkkan oleh Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah dan Ahmad. Imam Abdurrahman bin Mahdi, Yahya bin Ma�in, Ahmad bin Hambal, Abu Zur�ah Ar-Razi dan lainnya menyatakan bahwa hadits ini munkar (sangat lemah).
Semoga Alloh Menjadikan kita sebagai Hamba yang menerima kebenaran yang datang, dan mengamalkan kebenaran yang kita ketahui.amiin
Sumber.www.arrahmah.com
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !